Kenal Lebih Dekat dengan Ras Maine Coon


Maine Coon

 

Drh Intan Maria Paramitha

Modified, 9 Feb 2021


Hello Pawrent's, tahukah kamu bahwa dibalik keindahan ras Maine Coon, tetap memiliki resiko penyakit bawaan dan keturunan? Maine Coon adalah ras kucing yang unik karena rata rata dari mereka memiliki sifat penyayang, lemah lembut dan ramah walaupun secara penampilan terlihat "garang" karena tubuhnya yang besar dan atletis. Kucing ras ini tergolong cerdas dan dapat dilatih beberapa trik. Oh ya! Ras ini memiliki rambut yang lebat serta halus, sehingga pemilik wajib merawat rambut kucing ini karena mudah sekali gimbal.


Bagi calon pemelihara yang menginginkan kucing yang tidak cerewet, ras ini bukan merupakan pilihan karena kebanyakan Maine Coon suka bersuara mengomentari lingkungan sekitar. Sifat ramah dan penuh rasa ingin tahu ini juga menyebabkan Maine Coon suka sekali mengikuti pemiliknya dari satu ruangan ke ruangan lain, dan sangat suka jika dipanggil namanya.

Beberapa kucing Maine Coon sangat senang bermain dengan air dan bahkan berenang. Untuk menjaga kucing tetap sehat, kita perlu tahu penyakit bawaan yang dimiliki oleh kucing ras ini sehingga dapat diperhitungkan resiko dalam memelihara serta pencegahannya.


Berikut beberapa penyakit yang diturunkan oleh ras Maine Coon:


1) Kelemahan otot jantung dan Arterial Thromboembolism

Kucing Maine Coon kerap mengalami kelemahan otot jantung karena otot jantungnya

menebal. Kucing dengan gangguan jantung biasanya akan sering mengalami gumpalan

dalam pembuluh darah. Gumpalan darah sering menyumbat pembuluh darah kecil dalam tubuh, biasanya pada area kaki kaki. Gejala yang dapat terlihat adalah kepincangan mendadak. Segera periksakan hewan kesayanganmu jika mendapati gejala tersebut.


2) Luxatio Patella

Sendi lutut merupakan area yang diciptakan dengan struktur yang luar biasa untuk

mendukung kemampuan kucing melompat, merayap, hingga menerkam mangsa. Salah satu komponen penting dalam sendi lutut adalah tulang “Patella”. Luxatio Patella adalah kondisi berpindahnya tulang Patella dari tempatnya karena mangkok yang menahan tulang Patella di lutut terbentuk datar dan kurang menyangga tulang Patella. Kucing tidak langsung menunjukkan gejala nyeri, namun seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan kelumpuhan. Luxatio patella dapat terjadi pada kucing ras apapun namun Maine Coon memiliki resiko tinggi mengalami kondisi ini.


3) Hip Dysplasia

Maine Coon dapat mengalami penyakit turunan bernama hip dysplasia. Penyakit ini

menyebabkan malformasi sendi pinggul diikuti dengan radang sendi. Kucing akan

menunjukkan gejala yang sangat ringan, namun perlahan lahan akan mengalami

kepincangan dan kelemahan mirip kucing tua di beberapa tahun awal pertumbuhan.


4) Gagal Ginjal

Gagal Ginjal dapat diartikan sebagai ketidakmampuan ginjal dalam melakukan fungsinya

berupa pembuangan zat sisa tubuh yang berasal dari darah dan mengatur hidrasi tubuh.

Biasanya kucing yang mengalami gagal ginjal adalah kucing kucing tua, namun dalam kasus ini, Maine coon dapat terlahir dengan ginjal yang rusak sehingga mereka mengalami kondisi gagal ginjal di masa muda.


5) Cacat pendengaran

Kucing ras apapun berwarna putih dengan mata biru memiliki resiko tinggi mengalami

kecacatan pendengaran, begitu juga dengan beberapa turunan Maine Coon. Jika pemilik

hewan mencurigai adanya indikasi penurunan pendengaran pada kucing Maine Coon, maka disarankan kucing ini tidak boleh dipelihara di luar rumah. Pendengaran kucing sangat diperlukan saat mendeteksi adanya hal berbahaya di luar rumah. Oleh karena itu, untuk menjaga mereka tetap aman, disarankan memelihara kucing dengan cacat pendengaran di rumah saja dengan pengawasan pemilik.



 

Editor: Drh Mahardhiko Widodo.

97 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua