Tumbuh Kembang si Kucing

Diperbarui: 27 Jul 2021


Memahami Tumbuh Kembang Kucing

 

Modified by 14 Jan 2021


Selamat! Anda selangkah lebih mengenal perjalanan perkembangan si Kecil. Bagi sebagian pawrents mungkin bertanya-tanya bagaimana sebenarnya pola pertumbuhan anak kucing hingga ia dikatakan dewasa, bahkan senior. Memelihara kitten tentunya akan menghiasi kehidupan Anda sehari-hari, namun Anda juga perlu memahami perubahan-perubahan yang terjadi selama perkembangan si Kecil.


Kucing bertumbuh sangat pesat dan mengalami penambahan badan dalam bulan-bulan pertama kehidupan. Penuhi segera kebutuhan protein tinggi dalam mendukung pertumbuhan optimal. Umur 0-3 minggu, air susu induk sangat penting dalam hal daya tahan tubuh, serta nutrisi untuk tumbuh. 1 bulan pertama kucing dapat meningkat 3x dari bobot badan saat lahir.

Minggu pertama, ia lahir dengan tubuh memerah hingga pink, tanpa geligi, dan tali pusar masih utuh sampai akhirnya hilang pada pekan kedua. Pastikan lingkungan hangat dengan selimut dan lampu pijar kuning, karena suhunya dapat mencapai 36 derajat celcius dan ia belum mampu meregulasi suhu tubuhnya sendiri.


Minggu kedua, tali pusar mulai mengecil dan menghilang, mata tertutup dengan telinga folded. Jangan khawatir, ia mulai membuka mata untuk pertama kalinya pada hari 8 sampai hari 12. Matanya berwarna kebiruan dan Ia belum merespon secara sempurna semua gerakan yang ada, karena perkembangan syaraf secara sempurna muncul ketika ia berhasil berdiri dan menyusu secara koordinatif. Minggu ke 3, kemampuannya dalam mendekati kotak pasir dan induknya meningkat derastis. Oh ya! Gigi susu pertama juga telah muncul dan telinganya tampak membesar dan unfolded.


Umur 3-6 minggu, secara individual dengan pertumbuhan syaraf yang perlahan sempurna, kucing akan meniru apapun yang dilakukan induknya, termasuk menyontoh makan dan minum. Minggu ke 4, taring susu pertamanya muncul dan ia senang untuk belajar mengetahui lingkungannya. Minggu ke 5, gigi premolar muncul dan Anda sangat disarankan untuk membantunya belajar makan. Gunakan pakan basah khusus sapih atau weaning yang diencerkan, lalu sapihlah secara perlahan.


Umur 6-8 minggu, kitten mulai disapih dari induknya dan memulai makan pakan lembutnya sendiri. Minggu ke 6, gigi gerahamnya mulai muncul, berdiri secara percaya diri, dan mampu untuk menantang lawan bermainnya. Anda tidak perlu khawatir bila si kecil mulai belajar menggigit, mencakar, dan menerkam. Bila salah satu kitten Anda ada yang ter-bully, pastikan ia tetap mendapat banyak makanan dan nutrisi. Minggu ke 7, seluruh gigi susunya telah muncul dan siap untuk makan pakan khusus sapih secara mandiri. Minggu ke 8, SELAMAT! Bobotnya telah mencapai 10x bobot lahir.


Pastikan ia tidak mengunyah benda sekitarnya, karena dapat memicu kecacingan. Pastikan selalu terdapat air bersih yang layak (bukan air keran) untuk menghindari masalah pencernaan. Ketika umur 3 bulan, ia harus beranjak dengan pakan kering, karena gigi dan rahangnya sudah kuat. Pakan kering membantu membersihkan geligi, serta menanggalkan gigi susu bila gigi permanen mulai tumbuh.


Anda wajib merencanakan pengobatan cacing dengan dokter hewan kesayangan Anda. Sekali ia mencapai bobot 1 kg, rencanakan pengobatan cacing pertamanya. Kemudian setiap 2 minggu sekali hingga ia mencapai umur 12 minggu. Kemudian 1 pekan setelahnya Anda wajib melakukan vaksinasi pertamanya yaitu Tri Cat (tiga jenis penyakit infeksius). Anda juga disarankan untuk melakukan pengobatan antikutu, mengingat banyaknya kasus penyakit infeksius yang berasal dari gigitan kutu.


Dokter hewan akan menanyakan riwayat tumbuh kembang si kecil seperti 'apakah sudah pernah diberi obat cacing dan antikutu?', 'apakah pernah muntah atau diare?', 'bagaimana kondisi lingkungannya?', 'apakah ia pernah keluar rumah sekali?'. Jangan khawatir, jawablah dengan yakin apa adanya.


Rencana vaksinasi selalu berkaitan dengan status kesehatan pada "saat itu" dan berkaitan dengan lingkungan, apakah ia tinggal di daerah berisiko tinggi penyakit infeksius atau tidak. Walaupun ia tidak pernah keluar sama sekali, namun Anda juga tidak benar benar bersih ketika menyentuh si Kecil setiap kali masuk ke rumah. Rencanakan vaksinasi hingga ia mencapai umur 16 minggu. Dokter akan mengatur jadwal booster vaccine sesuai kebutuhannya. Pada umur 5 bulan, ia sudah diperbolehkan untuk vaksin rabies, yang akan diulang setiap tahunnya.


Umur 1 tahun, SELAMAT! Ia telah dewasa. Alihkan pakannya dengan pakan khusus dewasa atau Adult, karena kebutuhan proteinnya harus disesuaikan dengan kondisi perkembangannya. Jangan sembarangan memilih jenis pakan, Anda wajib mengonsultasikan kebutuhan nutrisi sesuai umurnya.


Ketika Anda sembarangan memberi pakan dengan jumlah takaran saji yang berlebih, hal tersebut dapat berdampak pada kesehatannya dimasa mendatang, seperti masalah obesitas, ginjal, dan sulit pipis. Pastikan Anda memahami bahwa kebutuhan nutrisi kucing berbeda dengan hewan lainnya.


Sekali ia berumur 8 minggu, Anda disarankan untuk melakukan check up runtin dan rencakan rencana kesehatan si Kecil, tentunya dengan dokter hewan kesayangan Anda dimanapun Anda berada.


 

Editor: Drh Mahardhiko Widodo

41 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua