top of page

Tanda-tanda Penyakit Kulit



Tanda Hewanmu Memiliki Penyakit Kulit

 

Drh Trima Naimmah

Modified, 13 Dec 2021



Anjing dan Kucing merupakan hewan dengan rambut memenuhi sekujur tubuhnya. Hal ini membuatnya rentan mengalami berbagai penyakit kulit loh Pawrents! Yuk kenali tandanya!


Gatal

Gatal merupakan suatu sensasi yang timbul pada area tubuh tertentu, sebagai akibat dari respon syaraf di otak untuk bereaksi terhadap seluruh perubahan atau ancaman terhadap tubuh lho pawrents! Peristiwa tersebut terjadi dalam hitungan milidetik. Reaksi yang dihasilkan adalah hewan menggaruk, menjilat, menggigiti, bahkan menggosokkan tubuh ke area tertentu.


Secara alami, gatal sangat wajar terjadi ketika ada suatu masalah kulit, seperti radang folikel rambut, dihinggapi nyamuk, serangga parasit kutu, kudisan, jamuran, infeksi bakteri, ketombe, hingga alergi lho Pawrents! Namun setiap penyebab dapat menimbulkan keparahan gatal yang berbeda beda!


Kapan gatal perlu diperhatikan serius?

Ketika si Kecil terlihat sering menggaruk area tubuhnya secara sering, maka akan tampak beberapa gejala lain loh. Kebotakan dapat terjadi pada bagian tertentu, dimana area tubuh tertentu tampak kehilangan sejumlah rambut. Ini sangat sering terjadi akibat reaksi gatal yang sudah berlangsung lama atau kronis.


Menjilati area tubuh dan menggigitinya

Menjilati area tubuh dan menggigitinya merupakan tanda yang sering terjadi saat ia mengalami permasalahan kulit. Umumnya hal ini disebabkan oleh serangga parasit kutu seperti ripichepalus sp., demodex sp., scabies sp., atau pinjal seperti ctenocephalides sp. Timbul ruam-ruam merah atau luka pada area tertentu mengindikasikan bahwa ia sedang memililki masalah kulit yang serius


Menggaruk telinga

Menggaruk telinga sering kali dilakukan ketika si Kecil memiliki masalah pada kedua telinganya. Menggoyangkan kepala yang terlalu sering juga mengindikasikan letak masalah yang sama ya pawrents. Pada kondisi tersebut, hewan mungkin memiliki kutu kuping atau ear mite, radang telinga kronis, polip, atau infestasi scabies sp.


Menggesekan area tubuh tertentu

Berguling-guling pada area tertentu dan menggesekkan badan atau scooting juga menjadi pertanda bahwa ia memiliki tingkat keparahan gatal yang serius lho! Apa yang perlu kita ketahui?


Dokter akan memberikan serangkaian kuisioner yang menunjang pemilihan terapi dan ketepatan pengobatan. Pastikan pawrents mengetahui kapan terjadinya, dan sudah berapa lama terjadi masalah kulit si Kecil. Dokter akan menanyakan apakah ia telah mendapatkan treatment khusus kutu sebelumnya. Selain itu, frekuensi (tingkat kemunculan) gejala yang muncul dalam sehari juga menjadi catatan yang perlu pawrents perhatikan ya!


Apakah si Kecil tinggal di luar rumah atau di dalam rumah? Atau keduanya? Bagaimana kondisi halaman rumah, apakah tanah yang kasar atau lembut? Apakah rerumputannya dipangkas atau menggunakan rumput sintetis? Aktivitas kesehariannya harus mulai kamu bahas dengan dokter ya Pawrents!


Dan yang paling sering ditanyakan dan menjadi hal terpenting adalah apakah gatal mempengaruhi nafsu makannya? Mengganggu aktivitas bermain, latihan, atau saat tidur?


Kenali berbagai perubahan aktivitasnya, lingkungan, dan seluruh hal yang dapat menjadi sesuatu yang perlu kita cermati ya Pawrents! Konsultasikan dengan dokter hewan kesayanganmu ya Pawrents!


 

Editor: Drh Mahardhiko Widodo

114 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page