Memahami Kulit sebagai Pembentuk Warna Kulit dan Rambut Si Kecil


Memahami Kulit sebagai Pembentuk warna kulit dan rambut si Kecil

 

1 Oct 2020


Setelah berbicara tentang satu sel khusus dari epidermis yaitu keratinosit, kini kita beranjak ke sel khusus lainnya yang tidak kalah menarik yaitu sel melanosit. Melanosit terletak di selubung akar rambut terluar, kelenjar keringat, dan kelenjar sebaceous. Nah loh, banyak banget sih letak sel-sel melanosit? Yup seperti inilah hasil perkembangan struktur dari organ kulit, organ terbesar tubuh yang berkontribusi 12-24% bobot tubuh si Kecil.


Sel-sel melanosit di setiap tempat tersebut, secara kompleks bertanggung jawab atas produksi melanin, yang kita kenal dengan pigmen kulit dan rambut. Lantas mengapa setiap spesies, ras, dan jenis kelamin bisa berbeda-beda warnanya? Disinilah ranah dari melanosit. Melanosit memberikan dua fungsi bagi tubuh si Kecil, yaitu fungsi pigmentasi konstitutif dan fakultatif.


Pigmentasi konstitutif merupakan proses pembentukan pigmen yang terprogram secara genetik. Sehingga, ras kucing seperti British Short Hair, Persian, Siamese, dan Bengal memiliki kode genetic secara turun temurun yang memberikan pola program pigmentasi ini loh Kak! Sedangkan pigmentasi fakultatif merupakan proses pembentukan pigmen yang terprogram akibat stimulasi hormonal, paparan sinar UV, peradangan, dan lain-lain. Intinya, pigmentasi ini lebih berhubungan dengan sifat adaptasi suatu spesies terhadap lingkungan habitatnya ya Kak.


 

Editor : Miko Widodo, SKH

Referensi: Moriello K. 2020. The Integumentary System in Animals. MSD Vet Manual.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua