Kenali Golongan Darah pada Anjing

Diperbarui: 15 Jan 2021


Golongan Darah Anjing

 

18 July 2020


Hai pet’s owner, sudah tahu belum tentang golongan darah pada Anjing? Terkadang beberapa klien kami bertanya-tanya apakah si Kecil dapat mendonorkan atau transfusi darah? Tentu bisa! Namun, segala bentuk transfusi harus terjamin aman bagi si Penerima, sehingga perlu memperhatikan golongan darah Anjing, menjamin kesehatan darah, tidak terinfeksi parasit darah, dan tidak memiliki kecenderungan terhadap penyakit darah.

Beberapa klinik di Indonesia memiliki fasilitas pemeriksaan golongan darah, bahkan memiliki fasilitas penyediaan transfusi darah.


Nah, apa saja sih tipe golongan darah pada Anjing? Menurut Zoetis (2016) dan MSD Vet Manual (2017), golongan darah pada Anjing terbagi menjadi 2 tipe DEA yaitu DEA positif dan negatif. DEA adalah Dog Erythrocyte Antigen, yang merupakan temuan penelitian golongan darah bahwa setiap eritrosit yang ditransfusikan kepada resipien yang tidak cocok, yang memiliki antigen atau benda asing, akan memicu resiko terhadap imunitas tubuh untuk mencegahnya masuk ke dalam tubuh. Hal ini di perparah akibat shock anafilaksis.


Sebagai contoh, Anjing dengan tipe DEA positif berarti ia positif memiliki antigen di sel darah merahnya. Jika seekor Anjing DEA negatif menerima donor dari DEA positif, ini akan mengembangkan imunitas dengan cepat menghancurkan darah donor tersebut, karena merupakan sebuah antigen atau benda asing bagi DEA negatif.


Setiap Anjing dapat ditentukan golongan darah tipe DEA positif atau negatif. Darah Anjing dengan tipe DEA negatif dapat ditransfusikan terhadap penerima dengan tipe keduanya baik DEA negatif dan positif. Namun, darah Anjing dengan tipe DEA positif hanya dapat ditransfusikan kepada penerima yang memiliki tipe DEA positif saja. Artinya, anjing yang memiliki tipe DEA negatif hanya boleh menerima donor DEA negatif, dan Anjing dengan tipe DEA positif dapat menerima donor darah baik DEA negatif atau positif. Lakukan pengecekan golongan darah bagi pendonor dan penerima pada klinik berfasilitas dan Dokter Hewan kesayangan keluarga.


Dalam upaya donor darah, diperlukan upaya yang lebih baik dalam memastikan kesehatan si Kecil. Pastikan hewan kesayanganmu tervaksinasi. Cek kesehatan rutin bila perlu yang dapat dilakukan semenjak umur 2 minggu. Control parasit sebagai upaya pengendalian juga perlu dilakukan sejak dini. Rencanakan seluruh rencana kesehatan si Kecil bersama Dokter Hewan kesayangan keluarga.


 

Editor: Miko Widodo

Referensi:

  1. Cotter SM. 2017. Blood groups and blood transfusions in dogs. MSD Vet Manual. https://www.msdvetmanual.com/dog-owners/blood-disorders-of-dogs/blood-groups-and-blood-transfusions-in-dogs. Di akses pada 16 Juli 2020.

  2. Quick Vet. 2016. Frequently asked questions for the QuickVet®/ RapidVet® DEA 1.1™ test. Zoetis Denmark. https://www.quickvet.net/Products/Blood-Typing/FAQs-Canine-Blood-Typing.aspx. Di akses pada 16 Juli 2020.

97 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua