Hal Penting bagi Si Kecil

Diperbarui: 24 Jul 2020


Hal-hal Penting bagi Si Kecil

 

21 July 2020


Sebagian besar klien merupakan Pet’s Owner dan menganggap hewan tidak hanya sebagai peliharaan, namun bagian dari keluarga. Pet’s Owner dan hewan kesayangan pasti memiliki ikatan erat dengan pemiliknya. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab yang besar bagi Pet’s Owner terhadap kelangsungan hidup si Kecil.


Hal utama yang harus dipahami adalah berkomitmen untuk merawat dan memberinya kasih sayang serta perhatian penuh. Komitmen tersebut akan mendorongmu untuk memeriksa kesehatan si Kecil secara rutin ke Dokter hewan untuk mengetahui status kesehatannya. Setelah mengetahui status kesehatannya, maka kepedulianmu terhadap si Kecil semakin tinggi. Vaksinasikanlah hewan kesayanganmu, sehingga ia dapat terhindar dari infeksi viral yang mematikan.


Hal kedua adalah pemeliharaan dan grooming, terutama bagi hewan berambut panjang. Kamu dapat menyisirkan rambut-rambut matinya agar saat ia grooming bebas dari menelan rambut sendiri. Rambut mati beresiko besar menyebabkan hairball bagi si Kecil Kitten. Mandikan ia dengan shampoo khusus hewan. Setelah itu kamu juga dapat memberikan antiparasit secara rutin.


Okay! Setelah si Kecil memiliki status kesehatan yang terjamin, saatnya kamu memperkenalkannya dengan lingkungan luar, baik dengan manusia maupun hewan. Sosialisasi ini penting agar hewanmu tidak mudah stress ketika ia berada diluar. Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengajarkan si Kecil apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan bagi mereka, khususnya puppies.


Setiap pertama melakukan vaksinasi, kamu akan mendapatkan buku vaksin si Kecil sebagai paspor kesehatan. Bawalah buku vaksin setiap kali si Kecil melakukan kunjungan ke Dokter Hewan. Puppies dan Kitties beresiko terkena hal-hal yang tidak diinginkan seperti dibawah ini:

  1. Infeksi Viral

  2. Parasit darah

  3. Agen infeksius lain penyebab anemia

  4. Keracunan,

  5. Trauma,

  6. Hingga sepsis akibat infeksi menyeluruh.


Pastikan Ia memiliki status kesehatan yang terjamin yaaa! Bawalah buku vaksin setiap kali si Kecil melakukan kunjungan ke Dokter Hewan.


 

Editor: Miko Widodo

Referensi:

  1. Bukowski JA dan Aiello S. 2011. MSD Vet Manual: Dog Owners. https://www.msdvetmanual.com/dog-owners. Di Akses pada 18 July 2020.

  2. Bukowski JA dan Aiello S. 2011. MSD Vet Manual: Cat Owners. https://www.msdvetmanual.com/cat-owners. Di Akses pada 18 July 2020.

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua